Selasa, 24 Maret 2015

Di Ternate snorkeling di bawah Mesjid



"Haaaaah... snorkeling di bawah mesjid?"

Kaget juga sih waktu pertama denger bisa snorkeling di deket mesjid raya kota Ternate. Baru kali ini, bisa snorkeling di tengah kota, deket mesjid pula. Risih gak ya kalau snorkeling dekat mesjid?

Banyak pertanyaan silih berganti, sambil siap-siap buat snorkeling.

Akhirnya memuskan snorkeling bareng rombongan suami yang mau diving. Berangkat dari markas nasijaha, kemudian menuju mesjd raya Ternate. Jaraknya cukup dekat sekitar 10 menit.


Sabtu, 21 Maret 2015

Mau belajar naik gunung? yuk... ke Papandayan



Suka ke gunung tapi gak suka nanjak? ya gak bisa dong. Mau liat pemandangan bagus tanpa bersusah payah? gak bisa juga dong. Tapi kalau mau sedikit nanjak dan sedikit bersusah payah bisa dapat pemandangan bagus ... coba deh datang ke gunung Papandayan.

Gunung ini lengkap. Selain gak terlalu berat, punya pemandangan gunung api yang spektakuler, bisa untuk moto milkyway, punya edelweis yang bagus, ada danau di atas gunung, juga punya hutan mati. Penasaran ???

Gunung Papandayan di Garut, tepatnya di desa Cisurupan. Gunung ini juga kerap dijadikan latihan hiking alias naik gunung bagi pemula. Sebab menurut saya medan-nya cukup bersahabat dengan ketinggian 2.665 meter. Apalagi starting point-nya dah diketinggian 2.000an meter, kita hanya mendaki sekitar 600an meter untuk sampai puncak. Kalau mau sampai Pondok saladah aja bisa lebih ringan lagi.


Minggu, 15 Maret 2015

2 hari Keliling Sumatera Barat (part II)

Hari kedua, 22 Februari 2015

Kota Padang panjang merupakan kota tertinggi di Sumatera Barat, jadi udara disini dingin. Jadi menginap di kota ini juga gak butuh AC.





Karena semalam baru masuk jam setengah 12, paginya semua bangun kesiangan. Jam 6.30 baru bangun , lalu sarapan dan bersiap untuk ke lembah anai. Perjalan dari Padang Panjang ke lembah Anai tak jauh. dari atas bukit, kita bisa melihat jembatan kereta dekat lembah Anai. sepanjang jalan sungai-sungau nya sungguh indah. kita menyempatkan untuk turun ke sungai dan mengambil gambar.

==lembah Anai==




2 Hari Keliling Sumatera Barat (part I)



Perjalanan keliling sumatera barat kali ini diluar planing. Sedikit gila, nekad tapi asyiik banget. istilahnya mah 'lets get lost'. hihihi.

Pertengahan februari 2015 ini ada libur imlek yang cukup menggiurkan buat jalan-jalan lagi. Tapi apa daya, kebanyakan cuti bisa dimarahin bos. Akhirnya cuma gigit jari ketika suami packing buat naik gunung Kerinci. Tapi dasar jodoh nya jalan jalan, hari jumat sore suami yang lagi di Kerinci telpon. Dia ngajak keliling sumatera barat dua hari. Ya.. cuma dua hari. Padahal belum punya tiket, apalagi lion air lagi delay gila gilaan. tapi siapa takut, jumat malam hunting tiket Jakarta-Padang pp, dan alhamdulillah dapat harga promo. Sekitar 1,2 juta rupiah.

Sabtu subuh dengan penerbangan pertama ke padang, naik lion air. Alhamdulillah gak delay dan lancar. Mendekati kota Padang, saya disuguhkan pemandangan yang bagus banget dari atas pesawat. Jajaran bukit barisan dan danau-danau di sumatera barat terlihat elok. Belum lagi matahari pagi yang baru muncul. pemandangan luar biasaa.... Tapi sayang, memory card kamera saya sedang bermasalah, jadi cuma bisa abadikan keindahannya dari hp saja.


dalam hati bejanji "saya akan mengulangi penerbangan Jakarta-Padang pagi hari, duduk disebelah kanan pesawat dan bawa kamera DSLR yang ready buat motret" hehehe

Jam 7.30 sudah sampai bandara Minangkabau. Suami dan temannya sudah nunggu di bandara untuk keliling sumatera barat. Dari bandara kami sewa mobil, biayanya sekitar 800 ribu selama dua hari. Tapi bensin kita beli sendiri.


Selasa, 24 Februari 2015

Mesjid Raya Baiturrahman, Aceh



Kisah tsunami yang melanda Aceh pada tahun 2004 selalu membuat saya ingin datang dan mengunjungi mesjid ini. Masih melekat dibenak kita melalui tayangan televisi, mesjid ini satu-satunya bangunan di Banda Aceh yang utuh dan tidak roboh oleh terjangan air bah tsunami.

Tahun 2013, saya dan suami menyempatkan berkunjung ke mesjid raya Baiturrahman dan mengabadikan kecantikan mesjid ini.

Rabu, 17 Desember 2014

Memancing lumba-lumba dengan air seni?



Judulnya memang terkesan jijik ya, kok memanggil lumba-lumba keluar dengan pipis... .Sebenarnya peristiwa ini memang benar terjadi. Ketika berkunjung ke kepulauan Togean, hari pertama kami memutuskan untuk menjelajah pulau terjauh dari pulau Kadidiri, yaitu pulau Una-Una. Di pulau ini  ada gunung api yang sudah meletus, yaitu gunung colo dan alam bawah laut di sekitar pulau sangat cantik. Meskipun jaraknya cukup jauh, lebih dari dua jam perjalanan kami penasan untuk berkunjung.

Dari artikel yang saya baca, dalam perjalanan menuju pulau Una-Una kita akan bertemu lumba-lumba yang kerap melintasi perairan ini. Jadi sepanjang perjalanan kami membuka mata lebar-lebar, untuk menemukan rombongan lumba-lumba yang melintas di sekitar kapal.


Senin, 29 September 2014

Menikmati Pho Hoa di negri Paman Ho



Sejak dari Jakarta, satu tujuan yang gak boleh kelewat selama berkunjung ke kota Ho Chi Minh, Vietnam adalah makan pho hoa noodle alias mie vietnam. Apalagi setelah menempuh perjalanan cukup jauh dan melelahkan, yang kebayang adalah makanan hangat yang segar plus pedas.

Jadilah, setelah cek in hotel dan beres beres pakaian, langsung keliling sekitar hotel di Ho Chi Minh. Berharap ada toko yang menjual pho hoa ini. Ternyata... mie vietnam atau sup vietnam ini di jual hampir di semua sudut jalan di kota Ho Chi Minh. Mulai dari yang lesehan pinggir jalan sampai restauran restauran besar. Mie Beras yang dicampur daging babi , sapi atau ayam, serta sayur seperti tauge jepang, daun basil, daun mint dll ini juga jadi makanan utama mereka.


Sabtu, 27 September 2014

Melihat Awan dari Gunung Prahu


Dimana kita bisa menikmati awan yang paling indah? Yap yang paling mudah memang dari pesawat terbang. Gumpalan awan diangkasa bisa membentuk hamparan putih yang luas dan indah. Selain di pesawat, melihat awan paling bagus adalah dari puncak gunung. Salah satunya dari gunung Prahu di dataran tinggi Dieng, Wonosobo Jawa Tengah.


Dari puncak gunung Prahu, kita bisa awan menggul-gumpal diantara gunung Sindoro dan Sumbing. Gunung Prahu ini memang tidak sepopuler gunung lain di pulau Jawa atau Sumatera, seperti Merbabu, Sindoro, Sumbing atau Merapi. Namun gunung ini punya pesona tersendiri. Gunung ini menawarkan landscape yang tak kalah cantik dengan gunung lain untuk dijadikan objek motret. Salah satunya adalah bukit teletubbis di puncak gunung Prahu.


Pho Hoa Beef Noodle ala Sarie


Libur akhir pekan di rumah adalah saatnya masak. Sabtu atau minggu pagi saya biasanya gowes ke pasar tradisional pasarminggu. Pasar ini lengkap, hampir semuanya ada. Minggu lalu, saya menemunkan tauge jepang, yang biasanya hanya di jual di pasar swalayan. Coba-coba beli tauge ini seperempat 3000 perak.

Sabtu, 05 Juli 2014

Menginap dimana di Togean??



Soal penginapan ini adalah pertanyaan pertama yang muncul ketika berniat menjelajah Togean. Togean adalah kepulauan yang tersebar di sekitar teluk Tomini, Sulawesi Tengah. Tidak semua pulau di Togean ditempati oleh penduduk. Hanya beberapa pulau saja yang dihuni oleh penduduk setempat, dan beberapa pulau memiliki cottage atau tempat menginap .

Sebelum menuju pulau pulau lain, fery yang kita tumpangi akan singgah di Wakai. Di tempat ini kebanyakan penduduk tinggal. Di pulau ini juga paling lengkap fasilitasnya, mulai dari atm hingga sinyal hp. Namun dipulau ini tidak dijadikan tempat untuk menginap wisatawan. Hanya tempat singgah kapal fery yang besar, untuk kemudian menuju pulau -pulau lain.