Selasa, 19 Mei 2015

Menikmati Papeda di pasar jailolo



papeda, bubur sagu dan pelengkapnya

Jalan jalan ke Maluku tanpa makan papeda rasanya kurang lengkap. Yap.. bubur sagu ini memang  makanan khas warga Maluku. Untuk di kota-kota besar di Maluku, seperti di Ambon mencari papeda ini agak susah. Namun ada beberapa warung makan yang masih menjual papeda.

Di maluku utara, seperti di Ternate atau Jailolo tak terlalu sulit mencari makanan khas papeda. Karena kebanyakan orang makan papeda setiap hari. Bubur sagu ini menjadi pengganti nasi sebagai makanan pokok.

Minggu, 17 Mei 2015

Sisi lain Borobudur


Candi Borobudur bukanlah tampat wisata yang asing bagi sebagian besar orang Indonesia. Yah.. situs bersejarah peninggalan kerajaan budha  ini adalah yang terbesar di dunia. Tak heran bila nama Borobudur pun sudah menyebar ke negara negara yang jauh dari Indonesia.

Saya yakin, kebanyakan orang Indonesia-pun sudah pernah mengunjungi candi ini. Bukan hanya sekali, mungkin sudah lebih dari dua kali. :)

Candi Borobudur berada di kota Magelang, Jawa Tengah. Tak sulit mencapai kesini. Dari Yogjakarta, kota terdekat mungkin hanya makan waktu sekitar 2 jam.

Tapi pernahkan mencoba melihat sisi lain candi Borobudur?


Jumat, 15 Mei 2015

Butuh Vitamin Sea tapi waktunya sempit? Pahawang aja...


Kangen laut tapi hanya punya waktu libur sabtu minggu? Coba deh ke pulau Pahawang di Lampung. Pulau ini dan sekitarnya masih memiliki pantai berpasir putih yang indah dan terumbu karang serta biota laut yang kalah menarik dengan di tempat yang jauh-jauh dari Jakarta.

Pahawang ini letaknya di Lampung Selatan, dan gak terlalu jauh dari penyebangan kapal ferry Bakauheni. Bila ingin naik kendaraan umum, dari Jakarta naik bus ke pelabuhan Merak. Kemudian dilanjutkan menyebrang dengan ferry ke Bakauheni. Dari Bakauheni menuju pelabuhan Ketapang. Karena tak ada angkutan umum ke pelabuhan Ketapang, biasanya charter angkot atau mobil seperti avanza dan xenia. Biaya charter beragam, tergantung tawar menawar.


Minggu, 03 Mei 2015

Kampung Nemo dan Terumbu karang buatan di Pahawang, Lampung


Bapak ini adalah salah satu nelayan yang berinisiatif membuat terumbu karang buatan di Pahawang, Lampung. Ia dan beberapa nelayan di pulau Pahawang membuat kerangka besi yang dialasi dengan kawat yang kuat. Kerangka besi ini kemudian di tanam ke dasar laut dengan cara dicor.

Kerangka-kerangka besi yang berjumlah lebih dari lima ini ditanami dengan karang-karang yang didapatkan dari sekitar pulau Pahawang dan sekitarnya. Terumbu karang ini sudah mulai tumbuh dan menjadi habitat ikan di sekitar pulau Pahawang. Bukan hanya terumbu karang, di sini pun surganya nemo alias ikan badut.


Kamis, 23 April 2015

Mudahnya ke Ternate dan Jailolo




Biasanya untuk mencapai wilayah indonesia timur butuh perjuangan cukup panjang dan lama. Misalnya saja ketika saya ke Ora beach, di Maluku Tengah , membutuhkan waktu hingga 15 jam. Atau ketika berkunjung ke Togean, sulawesi tengah waktu tempuhnya satu hari lebih. Bahkan sempat menginap di Ampana :).

Namun ke Ternate ini tidak butuh waktu lama dan panjang. Terbang dari Jakarta ke Ternate membutuhan waktu sekitar 3 jam lebih untuk mendarat di bandara Sultan Baabullah, Ternate. Bandara ini cukup besar dan memadai.



Rabu, 22 April 2015

Kepincut indahnya matahari terbit di Jailolo


Jailolo, mungkin belum banyak yang tahu daerah ini. Namun sejak ada festifal Jailolo, kota kecil di Halmahera Barat ini jadi incaran turis lokal dan asing. Tempat wisata yang indah di Jailolo  tepatnya berada di Teluk Jailolo, yang masuk ke dalam provinsi Maluku Utara. Untuk mencapai Jailolo menggunakan kapal kayu dari pelabuhan di Ternate. Namanya pelabuhan dufa-dufa.

Pemandangan dari teluk Jailolo ini sangat indah, terutama sunrise atau sunset. Kenapa? karena laut disekitar daerah ini sangat tenang, gak banyak ombak. Sehingga ketika matahari baru muncul atau matahari akan tenggelam, sinar lembayungnya akan memantul ke laut.  layaknya cermin, laut pun akan berubah menjadi warna-warni yang indah. Keindahan sunrise atau sunset di teluk Jailolo ini bak lukisan.


Senin, 20 April 2015

Sihir dari Gunung Bromo




bromo dari pananjakan 2, photo by afri


Gunung Bromo memang seperti punya sihir, bukan hanya bagi pecinta fotografi tapi juga bagi yang suka jalan-jalan. Sehingga banyak orang sudah berkali-kali mengunjungi Bromo. Bagi yang baru sekali, mungkin masih pingin kesana lagi..

Apasih sihirnya gunung bromo? sihirnya adalah pemandangan matahari terbit yang indaaaah. Bahkan turis asing pun banyak kesini untuk menikmati indahnya sunrise Bromo. Dengan sinar matahari yang keemasan..

karena itu Bromo  selalu bikin kangen dan bikin penasaran. Bagi pehobi fotografi, Bromo punya keindahan kelas dunia. Banyak foto-foto gunung Bromo menghiasi situs fotografi dunia, macam http://1x.com/photos , http://www.fotoblur.com, atau http://www.fineart.com .


Senin, 13 April 2015

Bali Barat punya spot Diving dan Snorkeling keren!!



pura dengan patung dewa ganesha di pulau menjangan

Bali Barat, gak banyak turis lokal maupun asing yang kesini. Padahal di Bali Barat ini, tepatnya di pulau Menjangan ada spot diving dan snorkeling yang keren. Gak kalah dengan spot diving lain di Bali.

Di pulau Menjangan ini, diving dan snorkeling sama sama bagus. Ikan hias warna warni sangat banyak dan beragam.

keindahan bawah laut menjangan

Biasanya guide akan mengajak kita snorkeling di bagian depan pulau, yang merupakan wall yang panjang. Wall atau dinding ini berisi terumbu karang dan ratusan ikan hias berwarna-warni. Ikan hias di sini sangat banyak, bahkan konon ekspor ikan hias bali salah satunya berasal dari sini. LOH? Padahal pulau menjangan ini kan masuk Taman Nasional Bali barat? hmmmm...


Sabtu, 11 April 2015

Pulau Menjangan yang bikin terkenang




Bali punya beberapa site diving dan snorkeling yang sangat terkenal. Diantaranya adalah Nusa Penida, Nusa Lembongan dan Tulamben.  Nusa Penida dan Nusa Lembongan ada di pantai timur Bali dan hanya satu jam menggunakan perahu dari Sanur. Namun, masih ada satu spot yang keren buat diving sekaligus snorkeling ( viewnya sama-sama keren ) yaitu di Bali barat, tepatnya Pulau
Menjangan.



Bila ingin ke pulau Menjangan dari Denpasar sekitar 3-4 jam, tergantung kemacetan. Namun kalau dari Surabaya, cukup lama. Ya,... bisa setengah hari lebih, kalau macet bisa hampir sehari. Rutenya, Surabaya-Ketapang-Gili Manuk-Taman Nasional Bali Barat (Banyuwedang)

Yap betul, Pulau Menjangan ini masuk area Taman Nasional Bali Barat. Sehingga kalau mau kesini harus bayar dan mematuhi aturan. Karena Wilayah ini termasuk yang dilindungi, sehingga dilarang merusak alam, memancing, merusak terumbu karang dll.  Di pulau ini juga tidak ada rumah penduduk, hanya kijang yang berkeliaran di sekitar pulau.


Selasa, 24 Maret 2015

Di Ternate snorkeling di bawah Mesjid



"Haaaaah... snorkeling di bawah mesjid?"

Kaget juga sih waktu pertama denger bisa snorkeling di deket mesjid raya kota Ternate. Baru kali ini, bisa snorkeling di tengah kota, deket mesjid pula. Risih gak ya kalau snorkeling dekat mesjid?

Banyak pertanyaan silih berganti, sambil siap-siap buat snorkeling.

Akhirnya memuskan snorkeling bareng rombongan suami yang mau diving. Berangkat dari markas nasijaha, kemudian menuju mesjd raya Ternate. Jaraknya cukup dekat sekitar 10 menit.


Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...